Rabu, 30 Agustus 2017

Hilangkan Karat Pada Besi dengan Hal Ini

Hilangkan Karat Pada Besi dengan Hal Ini - Fungsi utama pagar di dalam rumah adalah untuk memberikan batas antara bagian dalam rumah dan bagian luar rumah. Tak hanya itu, pagar juga memiliki fungsi untuk melindungi rumah dari gangguan faktor-faktor luar. Misalnya agar hewan-hewan seperti kucing tidak seenaknya masuk ke dalam rumah. Apalagi jika Anda memiliki kendaraan di dalam rumah yang perlu lebih dijaga keamanannya. Sehingga fungsi pagar lebih diberatkan kepada faktor keamanan karena membuat rumah jadi lebih aman.

Namun sayangnya, keadaan pagar yang terbuat dari besai tidak akan selalu jadi baik sebagaimana bentuk awal pagar tersebut. Karena faktor luar seperti air hujan, cahaya matahari yang membuat terjadi reaksi oksidasi yang menyebabkan timbulnya karat pada besi. Memang, ada beberapa pagar yang terbuat dari bahan kayu, namun sampai saat ini masih didominasi oleh pagar yang terbuat dari besi. Misalnya pagar besi sederhana yaitu pagar wiremesh, karena harga wiremesh yang bisa dikatakan sangat terjangkau.

Tentu, hadirnya karat pada pagar besi Anda akan mengganggu dan malah merusak kualitas besi Anda.  Sehingga, Anda perlu mengetahui beberapa hal mengenai karat besi, dari penyebab sampai cara menghilangkannya.

Hilangkan Karat Pada Besi dengan Hal Ini


Ketahui Sebabnya
Untuk membersihkan karat pada pagar rumah, tentunya Anda perlu tahu terlebih dahulu beberapa penyebab terjadinya karat. Hal ini supaya Anda juga bisa mengantisipasi terjadinya karat terlebih dahulu. Karat biasanya terjadi pada pagar yang terbuat dari bahan besi atau logam. Karena letaknya yang berada di luar rumah dan terpapar langsung oleh sinar matahari dan air hujan secara terus-menerus membuat pagar besi jadi lebih mudah berkarat. Apalagi pagar besi yang catnya sudah terkelupas akan lebih mudah lagi mengalami reaksi oksidasi penyebab karat.

Bersihkan Karat
Karat bisa Anda bersihkan dengan mudah menggunakan kain lap dengan tekstur yang kasar. Tapi, Anda perlu menggunakan masker dan sarung tangan karet yang tebal untuk alasan keselamatan dan keamanan. Selanjutnya, tuang cairan tinner dan gosokkan pada pagar besi yang berkarat. Karena teskturnya yang kasar, karat besi akan menempel pada kain tersebut. Sebaiknya Anda menyiapkan beberapa helai kain agar bisa segera diganti setelah kotor.

Gunakan Air Panas
Sebelum Anda mengecat pagar besi Anda, bersihkan pagar besi terlebih dahulu agar saat mengecat, permukaan besi jadi rata. Dengan demikian Anda akan lebih mudah saat mengecat dan hasil akhirnya akan jadi lebih bagus. Caranya dengan mengelap permukaan pagar dengan menggunakan air panas dan lap bersih. Gunakan juga sedikit sabun pada kain lap tersebut. Kemudian, gosok kembali seluruh pagar besi Anda. Kemudian sisa air panas tersebut disiramakan kembali ke pagar besi tersebut. Kemudian Anda baru bisa mengecat pagar tersebut sekitar keesokan harinya.

Mengecat Ulang Pagar Besi

Salah satu cara untuk menghindari terjadinya karat pada besi adalah dengan mengecat ulang karena Anda harus melindungi permukaan pagar besi. Pilihlah warna-warna seperti hitam, putih, atau kuning untuk pagar. Untuk mendapatkan kualitas yang baik, Anda perlu mengulang pengecatan sekitar dua kali sehingga proses pengecatan tidak bisa berlangsung hanya satu hari. Apalagi, Anda perlu menunggu cat dasar Anda mengering dengan sempurna terlebih dahulu. Setelahnya, baru Anda cat kembali dengan menggunakan cat besi yang lebih mudah mengering dengan campuran tiner. Gunakan kuas dengan bulu-bulu yang tebal dan permukaannya halus agar hasil pengecatan bisa jadi maksimal.
Load disqus comments

0 komentar