Senin, 25 September 2017

Jawatan Benculuk, Hutan Kecil yang Epic di Banyuwangi

Source: superadventure.co.id

Saat kamu mengunjungi reservasi.com  untuk mencari hotel dan harga tiket pesawat termurah sebelum liburan, tidak ada salahnya untuk menuliskan kata Banyuwangi ke dalam kolom pencarian. Soalnya, Banyuwangi termasuk daerah yang berpotensi jadi kawasan wisata unggulan di Jawa Timur, bahkan Indonesia.

Daerah berjuluk The Sunrise of Java ini punya destinasi wisata yang potensial. Seperti gunung Ijen dengan fenomena ‘Blue Fire’ yang langka. Konon, keindahan pemandangan api biru yang ada di kawah Gunung Ijen ini hanya bisa disaingi oleh Islandia yang berada di Lingkar Artik. Lalu, Banyuwangi yang dijuluki sebagai Kota Bahari ini pun memiliki garis pantai yang eksotis. Sebut saja Pantai Plekung atau yang lebih dikenal di mancanegara dengan sebutan G-Land yang menjadi salah satu lokasi surfing terbaik di dunia setelah Hawaii. Selain itu, Banyuwangi juga punya Taman nasional yang terkenal seperti Taman Nasional Alas Purwo dan Taman Nasional Metu Betiri yang berbagi wilayah dengan Kabupaten Jember.


Tentunya, tempat wisata populer tadi hanya sebagian kecil dari potensi wisata yang ada di Banyuwangi. Selain tempat-tempat di atas, masih banyak destinasi menarik yang bisa ditemui di Kota Pisang ini, salah satunya adalah Jawatan Perhutani yang ada di  Desa Benculuk, Cluring. Letaknya tidak terlalu jauh dari bandar udara Blimbingsari dan dekat dengan jalan raya. Jadi tidak akan sulit untuk mengaksesnya.

Namanya memang kalah tenar dengan Pantai Plekung atau Gunung Ijen. Bagi beberapa traveller, nama destinasi yang satu ini terdengar cukup asing. Tapi bagi warga Banyuwangi, tempat yang satu ini bisa jadi pilihan tempat liburan alternatif yang menyenangkan. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba datang ke tempat ini.

Jawatan Perhutani atau yang juga dikenal dengan sebutan Jawatan Benculuk hanyalah sebuah hutan kecil seluas 3,8 ha yang dikelola langsung oleh Perhutani dan bukan tempat wisata yang umum dikunjungi oleh wisatawan dari luar kota. Tapi pengunjung yang datang ke sana bisa dibuat terkagung dengan pemandangan yang tersaji. Maka tak heran kalau banyak warga yang menghabiskan waktu luang di sana.

Pesona hutan lindung ini terpancar berkat adanya deretan pohon Trembesi tua yang tertanam rapi selama bertahun-tahun. Pohon-pohon tua ini tidak hanya meneduhkan lingkungan sekitarnya, tapi juga menampilkan pemandangan yang epik. Sepintas, landskap yang ada di hutan ini pun terlihat seperti hutan Fangorn di film trilogi Lord of The Ring yang konon benar-benar ada di Selandia Baru. Tapi tenang saja, hutan Jawatan Perhutani ini tidak semisterius dan semenyeramkan hutan Fangorn seperti dalam adegan film yang disutradarai oleh Peter Jackson itu.

Dengan pemandangan yang epic itu, hutan kecil ini pun jadi spot yang Instagramable. Bahkan sangat cocok untuk menggelar sesi foto preweding di sini. Di tambah dengan sedikit efek dalam aplikasi editing, tentu akan menghasilkan sebuah foto preweding yang sangat epic.

Bagi Perhutani, hutan kecil ini pun merupakan tempat yang bersejarah. Mulai dibangun sekitar tahun 1951 sampai 1962, hutan yang dulunya seluas 5,2 ini adalah tempat penyimpanan kayu berkualitas dari berbagai daerah di sekitarnya. Namun, seiring banyaknya penjarahan kayu jati secara besar-besaran sekitar tahun 1970, Jawatan pun mulai ditinggalkan.

Selain pemandangannya yang epic, hutan kecil ini jadi tempat yang nyaman untuk bersantai. Apalagi saat cuaca sedang terik. Jadi kalau kamu sedang berada di banyuwangi, cobalah mampir ke hutan kecil ini beberapa saat untuk menikmati udaranya yang sejuk, pemandangannya yang unik, dan untuk menambah koleksi foto agar feed Instagram milikmu terlihat lebih menarik.

Dengan begitu, bisa dikatakan kalau Banyuwangi memang daerah yang potensial untuk jadi kawasan wisata Unggulan. Keindahannya tak hanya terasa pada kawasanan wisata berskala besar seperi Gunung Ijen dan Pantai Plekung saja, melainkan sampai ke hutan yang luasnya hanya sekitar 3,8 ha saja.

Oleh karena itu, tidak perlu ragu lagi untuk menghabiskan waktu liburanmu di Bumi Blambangan ini karena di sana tersaji pesona yang sangat mengagumkan mulai dari pesisir pantai, kawasan perkotaan, hingga ke puncak gunung. Kamu juga bisa menelusuri sejarah kota ini yang lekat dengan Kerajaan Blambangan yang sempat berkuasa di timur Jawa pada abad ke 16. Lalu, mencicipi kulinernya yang sederhana namun kaya rasa.

Apalagi mulai bulan Agustus 2017 ini, Garuda Indonesia menyediakan penerbangan langsung dari Jakarta ke Banyuwangi. Jadi perjalanan menuju tempat paling ujung di pulau Jawa ini bisa lebih mudah dan cepat. Makanya, kunjungi reservasi.com untuk mendapatkan hotel terbaik di Banyuwangi dan harga ticket pesawat dengan penawaran terbaik.

Selain penawaran terbaik, reservasi.com juga bisa membuat setiap momen liburanmu menjadi lebih berkesan karena kebutuhan penginapan dan tiket pesawat bisa kamu dapatkan dengan mudah.
Load disqus comments

0 komentar