Senin, 07 Mei 2018

Kemudahan Barcode Di Masa Yang Akan Datang


Semenjak tahun 1970an Barcode sudah memulai debutnya di dunia. Hampir setiap produk di toko manapun memiliki Barcode tertempel disana. Dan kalian tahu apa efek dari munculnya Borcode ini, pembelian barang menjadi sangat mudah dan cepat, pengontrolan stock pada bagian produksi maupun distribusi, bahkan juga bisa digunakan untuk melacak apa yang paling konsumen butuhkan.  Simpelnya Barcode adalah sidik jari dari produk itu sendiri. Lalu bagaimana jadinya jika tidak ada barcode?




Sebuah contoh simpel jika Barcode belum diciptakan; bagaimana sebuah toko menghitung atau merekap semua barang yang mereka jual di tokonya? Mereka hitung satu persatu. Oke, lalu bagaimana jika mereka memiliki banyak barang yang dihitung atau memeliki barang yang memiliki ukuran sangat besar? Alhasil mereka harus terpaksa menutup toko mereka untuk 2-3 hari yang mengakibatkan penundaan produksi dan juga kekecewaan konsumen yang sedang membutuhkan barang mereka. Bisnis kecil sangat lah membutuhkan 2-3 hari itu untuk tetap memproduksi barang mereka agar mereka bisa berkembang. Pada saat itulah pada tahun 1974 di Ohio, Amerika Serikat Barcode secara resmi dibuat. Dan mulai saat itu juga semua toko di seluruh di dunia maupun itu toko kecil atau besar mereka pasti menggunakan teknologi Barcode tersebut. Ketika sang pemilik toko menginginkan sebuah info dari produk yang dia jual dia cukup menscan Barcode tersebut dan info itu akan langsung ada ditangan dia tanpa harus mengecek satu persatu barang yang dia miliki.

                Lalu bagaimana nasib Barcode di masa yang akan datang? Dengan perkembangan teknologi sekarang kalian sudah pasti tahu banyak Barcode yang digunakan berbagai aplikasi seperti Whatsapp dan Lainnya. Tapi tidak hanya itu saja dengan perkembangan dunia internet seperti sekarang ini mulai banyak Aplikasi Smartphone, Social Media, Online Shop hingga Situs Web mulai banyak meggunakan sistem Barcode untuk kemudahan mereka.

                Apa Barcode masih tetap di Print? Jawabannya Ya. Justru Kegunaan Barcode yang di print mulai berkembang. Sebuah grup bernama Sustainable Fashion Coalition (SAC) menciptakan ide baru pada produksi pakaian fashion mereka  yang tersebar diseluruh dunia dengan menggunakan Barcode QR (Quick Response). Sistem ini membuat konsumen mereka dapat mengakses info pakaian seperti ukuran, warna, jenis dengan cukup menscan Barcode yang tertera.

                Dalam Industri Kesehatan sistem Barcode sudah berkembang cukup lama untuk melacak perlengkapan medis, informasi pasien, hingga obat-obatan. Dengan populasi manusia di bumi yang terus meningkat, pelacakan info pasien dan perlengkapan medis dengan menggunakan Barcode pun terus meningkat. Tidak hanya memudahkan untuk mengontrol keperluan medis mereka tapi juga dapat meminimalisir terjadinya kesalahan atau juga penyebaran penyakit. Sebuah penelitian menarik juga bahkan sempat jadi perbincangan, yaitu DNA Barcoding. Dengan DNA Barcoding ini para peneliti bisa melacak bahkan meriset berbagai spesies dari seluruh permukaan bumi. Mungkin di masa yang akan datang kalian akan kaget jika melihat ada seorang ilmuwan yang sedang menscan seekor binatang penelitian mereka.

                Masih banyak kegunaan dari Barcode yang masih belum terlihat yang tidak hanya digunakan sebagai pelacak penjualan produksi barang dagangan anda. Dan dengan seiring perkembangan teknologi yang semakin maju dan penggunaan Barcode atau bahkan juga thermal printer yang sering, kelak kita akan bisa lihat fungsi Barcode lainnya yang dapat memudahkan hidup kita. Ulasan diatas mengenai barcode sangat cocok untuk kepentingan toko “offline” anda, dan jika anda sedang mengembangkan toko online ada baiknya menggunakan software toko yang sesuai dengan kebutuhan anda.
Load disqus comments

0 komentar