Kamis, 26 Juli 2018

Kulkas Tidak Dingin? Ini Penyebabnya

Kulkas tentunya mendapat tempat penting di dalam rumah. Terutama, di bagian dapur, atau dekat ruang makan. Penyebabnya, di dalam kulkas, semua persediaan makanan tersaji. Apalagi, kalau keluarga yang terbiasa belanja bulanan. Maka mulai dari daging, sayur sampai bahan makanan akan berada di kulkas dalam waktu lama.

Kulkas Tidak Dingin? Ini Penyebabnya


Sekarang, bagaimana bila ternyata kulkas tidak dingin? Selain bahan makanan yang tersimpan akan menjadi rusak, juga akan menjadikan bau tidak sedap keluar dari kulkas tersebut.
Apabila kulkas sudah tidak sehat lagi, bagian manakah yang perlu diperiksa? Sebelum melakukan service kulkas, Anda bisa melakukan pemeriksaan terlebih dulu untuk mengetahui komponen apa yang sebenarnya rusak.

Berikut komponen-komponen penyebab kulkas menjadi tidak dingin.

1. Thermostat tidak berfungsi
Thermostat adalah komponen yang bertugas untuk mengatur suhu. Masalah yang sering ditemukan adalah thermostat ini putus. Hasilnya, tidak ada kiriman listrik ke arah kompresor yang mengakibatkan kompresor tidak mendinginkan kulkas.
Hasilnya, kulkas tentunya menjadi tidak dingin lagi. Jadinya, Anda perlu memeriksa bagian ini dulu, apabila kulkas Anda sudah tidak dingin lagi.

2. Instalasi Freon Mampet
Anda bisa mencoba memegang bagian samping dan belakang kulkas. Harusnya, terasa sedikit panas, karena mesinnya bekerja. Namun, apabila tidak terasa panas, berarti ada masalah pada sirkulasi freonnya.

Gas freon dialirkan lewat pipa-pipa kapiler. Apabila instalasi tersebut ada yang macet, maka terjadi kemampetan pada sirkulasi freon. Hasilnya, kulkas menjadi tidak dingin.

3. Tidak rapat menutup pintu
Ini masalah yang sering terjadi karena kelalaian. Ketika menutup kulkas, tidak tertutup sempurna. Hasilnya, udara dari luar masuk dan hawa dingin kulkas malah keluar.
Penyebab lain dari tidak tertutupnya pintu kulkas ini adalah karet di pintu penutupnya sudah longgar. Tentunya, hanya karet itu saja yang perlu diganti dengan yang baru.

4. Gangguan pada kompresor
Proses pendinginan kulkas terjadi di kompresor. Apabila kompresor tersebut sudah mulai aus, atau rusak, maka kulkas Anda menjadi tidak dingin.

Ada banyak penyebab kerusakan pada kompresor, namun bagian inilah yang memang sering ditemukan rusak dalam berbagai kasus kerusakan kulkas. Jangankan sampai rusak, sedangkan bila kompresor tersebut sudah tidak normal saja, maka kulkas sudah mulai tidak normal juga beroperasinya.

5. Kerusakan pada overload
Overload adalah relay PTC yang menempel di kompresor. Karena menempel pada kompresor, maka overload bertugas untuk menjaga kerja kompresor agar tetap baik. Apabila ada arus listrik berlebih ke kompresor, maka akan diputus segera arusnya oleh overload.

Masalahnya, bila overload rusak atau tidak bekerja normal, maka kompresor juga tidak akan bekerja normal. Malahan, apabila ada tekanan arus yang besar masuk langsung ke kompresor, maka kompresornya juga berpotensi rusak, loh.

6. Kebocoran di Evaporator
Kebocoran di evaporator mengakibatkan gas freon keluar. Akibatnya, aliran gas freon ke sejumlah komponen menjadi terganggu, yang hasilnya kulkas Anda menjadi tidak dingin.
Agar evorator tidak mudah rusak, hati-hati dengan bagian pembekuan atau tempat Anda meletakkan es batu. Bila sering dicungkil dengan pisau atau benda tajam lainnya, maka berpotensi untuk merusak evaporator.

Demikian penyebab kulkas Anda tidak berjalan normal. Anda bisa melakukan service kulkas Anda, atau malahan Anda beli baru. Itu terserah Anda, tapi bila yang rusak hanya komponen saja, Anda tentu bisa mengganti komponen yang dimaksud saja, bukan?
Load disqus comments

0 komentar