Selasa, 05 Februari 2019

Kebiasaan Terburuk Untuk Kesehatan

Menjadi sehat impian banyak orang. Setidaknya banyak orang yang meninggal dunia akibat terkena penyakit yang sifatnya sulit untuk disembuhkan. Apabila hal ini sudah terjadi, alhasil orang akan mencoba segala macam cara untuk segera memulihkan kondisi kesehatannya kembali seperti semula. Klinik kesehatan akan selalu ramai dikunjungi pasien. Tidak jarang juga rumah pengobatan alternatif akan menjadi sangat ramai dikunjungi oleh orang-orang yang ingin sehat. Kebanyakan orang lupa akan menjaga kesehatan itu sebenarnya hal mudah. Asalkan tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang membuat tubuh rentan terkena penyakit yang cukup mematikan. Yah jika sudah demikian maka sudah tidak ada artinya lagi memiliki harta yang banyak sekalipun.

Kebiasaan Terburuk Untuk Kesehatan

Menyesal karena sudah memiliki kebiasaan buruk tidak akan mampu membuat kesehatan kembali seperti semula. Jadi langkah pencegahan dengan melakukan pola hidup sehat adalah solusinya. Menjalankan hidup sehat sebenarnya mudah. Makan yang cukup bergizi dan seimbang serta berolah raga. Akan tetapi ternyata menjaga asupan makanan saja tidak cukup. Masih ada hal lainnya yang tidak boleh luput. Misalnya memiliki kebiasaan begadang. Beberapa orang lebih sering menghabiskan waktu untuk begadang. Meskipun hanya untuk menghabiskan malam dengan menonton tayangan televisi atau main gadget. Tentunya memberikan dampak buruk untuk kesehatan.

Saat begadang, ketika pagi hari tubuh akan terasa lemas karena kurang istirahat. Selain itu, aktivitas terganggu karena rasa kantuk yang menyerang. Tubuh memiliki jam biologis yang sama sekali tidak boleh terganggu. Jika jam biologis terganggu, maka sistem metabolisme juga terpengaruh. Rasa kantuk yang menyerang dan rasa lemas ini karena tubuh memerlukan oksigen dalam jumlah yang cukup. Selain begadang, kesalahan atau kebiasaan lainnya yang ternyata berdampak buruk bagi kesehatan adalah menahan marah. Bagi sebagian orang menahan marah sering diartikan dengan bersabar. Meskipun bersabar itu baik, akan tetapi jika terlalu sering menahan marah juga tidak baik. Menimbun amarah membuat tubuh rentan terkena penyakit jantung. Sebab pada saat amarah dipendam terlalu lama, maka kemarahan berikutnya menjadi sangat hebat.

Kritik yang dilontarkan terkadang diberikan bersifat membangun. Namun apa jadinya jika kritik tersebut malah membuat orang yang dikritik menjadi stres. Kritik yang seharusnya bertujuan baik terkadang sebagian orang akan langsung menganggap bahwa dirinya adalah kurang baik, bodoh, buruk dan yang sejenis. Anggapan atau perasaan semacam ini sama sekali tidak baik bagi kesehatan. Terlebih jika perasaan tersebut terus-menerus ada di dalam pikiran orang tersebut.  Senantiasa menganggap diri tidak mampu, menganggap diri buruk karena kritik yang disampaikan dengan tidak tepat tersebut memberikan dampak psikologis yang cukup signifikant. Namun jika disampaikan dengan baik kritik tersebut akan membangun dan mendewasakan seseorang.

Hal buruk lainnya yang berdampak untuk kesehatan adalah selalu mengingat masa lalu. Kegagalan di masa lalu atau trauma di masa lalu yang selalu diingat sangat menyakiti pikiran dan kondisi psikologis. Sebab perasaan trauma dan juga depresi tingkat tinggi akan meningkatkan resiko penurunan kesehatan. Trauma sebaiknya harus dihadapi dengan baik dan harus segera diatasi. Serta jangan sampai lupakan bahaya polusi. Polusi udara yang sedang tinggi berasal dari asap kendaraan dan juga asap pembakaran sampah. Ada baiknya jika melewati daerah yang sedang tinggi tingkat polusinya maka selalu kenakan masker untuk melindungi pernafasan dari kemungkinan buruk bahaya polusi udara yang cukup mencekam supaya tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya.
Load disqus comments

0 komentar