Rabu, 11 Desember 2019

5+ Tips Keringkan Luka Operasi Caesar


Sebagian besar wanita di dunia melangsungkan operasi Caesar pada proses melahirkan. Operasi Caesar merupakan proses persalinan dengan teknik pembedahan. Meskipun proses ini diyakini menjadi proses persalinan yang lebih cepat dari proses persalinan normal. Akan tetapi dalam proses penyembuhannya sangatlah lama dibandingkan dengan proses persalinan normal.

5+ Tips Keringkan Luka Operasi Caesar

Berikut ini adalah tips-tips yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat proses pengeringan dan penyembuhan luka paska operasi Caesar.

Tips Mempercepat Pengeringan Luka Operasi Caesar

1.     Minum Air Putih
Dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas sehari. Hal tersebut untuk mengganti cairan tubuh si Ibu yang hilang dan memperlancar proses produksi ASI. Apabila cairan di dalam tubuh yang hilang tidak diganti akan mengakibatkan dehidrasi dan berpengaruh pada proses penyembuhan luka. Minum air putih merupakan salah satu obat luka operasi yang bagus

2.     Olahraga Ringan
Lakukan olahraga ringan dan santai seperti jalan santai atau senam ringan. Melakukan aktivitas olahraga ringan atau setidaknya aktivitas ringan akan membuat rasa nyeri pada luka semakin berkurang. Akan tetapi hal tersebut harus di seimbangkan dengan istirahat yang cukup.

Sebelum melakukan olahraga ringan alangkah baiknya setelah infus sudah dilepas segera latihan untuk duduk dan berdiri terlebih dahulu. Agar otot-otot dan saraf tidak kaget saat melakukan olahraga ringan.

3.     Sterilkan Luka
Menjaga kebersihan luka adalah hal yang paling utama dalam proses penyembuhan. Hal ini berguna untuk menghindari infeksi pada luka. Karena teknologi sekarang sudah sangat canggih, setelah operasi Caesar luka akan di tutup dengan plester anti air, akan tetapi alangkah baiknya untuk selalu memastikan plester tersebut menutupi luka dengan benar.

Plester anti air tersebut akan menempel selama 7 hari, setelah 7 hari plester akan dibuka. Setelah plester dibuka, jaga kebersihan luka Anda dengan cairan antiseptik atau obat yang sudah disediakan dokter agar luka tidak terkontaminasi dengan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

4.     Konsumsi Makanan Bernutrisi
Dengan mengknsumsi makanan yang bernutrisi, luka akan dengan cepat mengering dan sembuh. Pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung albumin, vitamin C, vitamin E, protein dan makanan-makanan dengan kalori yang tinggi. Baca artikel penyembuh luka diabetes untuk informasi lainnya.
Load disqus comments

0 komentar